Menjaga Kesehatan

Kesehatan dalam kehidupan kita sudah menjadi hal yang penting, sehingga kegiatan dalam setiap aktivitas kita tetap dapat berjalan dengan semestinya.

Untuk membangun pola hidup sehat di zaman saat ini sangatlah tidak mudah, banyak makanan yang cukup menarik minat untuk kita mencobanya, salah satu contohnya adalah makanan siap saji, yang banyak beredar di kehidupan saat ini, makanan yang bisa mengenyangkan tetapi belum tentu menyehatkan.

Beberapa waktu lalu saat libur kerja di hari Sabtu, sebelum beraktivitas bersama keluarga, saya menyempatkan meminta istri untuk cek Gula Darah dan Kolestrol saya.

Beberapa waktu lalu juga saya sudah memintanya, tetapi Istri saya bilang ceknya besok pagi aja sebelum sarapan, karena jika setelah sarapan bisa saja kadar kolestrolnya palsu.

Pengecekkan menggunakan sampel darah yang di ambil setelah di tusuk dibagian jari menggunakan semacam jarum, darah yang keluar diambil menggunakan stik easy touch, setelah itu dimasukan kedalam alat, lalu angka pada alat berangsur bergerak.

Pada pengecek pertama dilakukan cek gula darah dengan hasil yang Alhamdulillah normal dengan hasil sekitar 100, pengecekan yang kedua kolestrol dilakuan dengan langkah-langkah yang sama juga tetapi hasilnya tidak normal, kolestrol saya cukup tinggi.

Mungkin banyak factor yang menyebabkan hal itu terjadi diantaranya adalah:

  1. Olahraga

Beberapa bulan belakangan ini olahraga yang biasa saya lakukan mulai berkurang, dari mulai bersepeda biasanya saya lakukan 1 minggu sekali, latihan silat yang biasa saya lakukan 2 kali dalam seminggu, semua itu berangsur mulai jarang dilakukan.

  1. Makana berminyak

Makanan yang berminyak bisa menjadi salah satu penyebabnya, mungkin goreng-gorengan atau mungkin ayam goreng, bebek goreng atau bebek yang tidak di goreng juga ya bisa menjadi salah satu penyebabnya intinya ini makanan yang enak-enak 🙂

Dari hasil pengecekan ini, harus di tingkatkan kembali olahraga mingguan dan kurangi makanan yang berlemak, semoga kesehatan selalu hadir diantara kita semua dan kita dapat menjaganya. Coba sesekali cek kesehatan kita untuk mencegah penyakit tidak semakin berkembang biak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *