Meminta Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP)

Saat membuat faktur pajak yang tidak kalah pentingnya adalah Nomor Seri Faktur Pajak atau NSFP. Mengingat ketika nomor seri ini habis digunakan untuk pembuatan faktur pajak atau nomer seri sudah sampai nomor akhir maka kita tidak dapat lagi membuat faktur pajak, sebelum kita meminta nomer seri faktur pajak kembali. Lalu bagaimana caranya kita minta nomor seri faktur pajaknya.

Yang sering saya lakukan untuk meminta nomor seri baru, dengan mengunakan web yang telah disediakan oleh kantor pajak, mugkin saja bisa datang langsung ke kantor pajak hal tersebut tidak menutup kemungkinan.

Berikut yang saya lakukan untuk meninta nomor seri faktur pajak baru.

  1. Tampilan Nomor Seri Faktur Pajak habis

Jika menemukan pesan seperti berikut, berarti untuk nomor seri faktur pajak sudah habis atau yang berarti kita harus segera meminta kembali.

      2. Masuk Web Faktur Pajak

Setelah kita mengetahui nomor e-faktur  kita telah habis, maka yang harus dilakukan adalah masuk ke webnya faktur pajak atau bisa melalui link berikut https://efaktur.pajak.go.id/, masuk menggunak username mengunakan NPWP milik perusahaan dan password yang telah diberikan kantor pajak, jika tidak salah panjang password ada 10 terdiri dari huruf dan angka setelah masuk akan memberikan tampilan seperti berikut

Setelah tampil gambar seperti diatas lalu pilih bagian Permintan NSFP.

Pilih saja Ok pada pilihan gambar diatas.

3. Isi Data

Setelah proses di atas selanjutnya kita akan mengisi permintaan NSFP, isikan semua data dari mulai tahun pajak dan semua data pemohon, untuk saat ini masa SPT 3 bulan terakhir akan terisi otomatis dan untuk banyaknya NSFP didapat sesuai berapa bayaknya Faktur Pajak yang kita keluarkan selama 3 bulan terakhir

 

 

4. Lihat lampiran NSFP

Setelah semua proses telah dilakukan, maka kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan yaitu NSPF, untuk dapat melihatnya kita akan dapat email yang berisikan lampiran yang berisikan NSFP atau kita dapat lihat pada Webnya dengan cara lihat pada riwayat permintaan NSPF dan pilih pada tahun atau tanggal NSFP yang baru kita minta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *