Maksimalkan Aktivitas Dari Waktu Subuh

Sesuatu apapun jika belum terbiasa akan terasa sulit, sulit itu bukan berarti tidak bisa, mungkin belum bisa dan harus bisa hehehe pemaksaan.

Bangun dari tempat tidur  itu terasa sesuatu yang sangat berat, itulah perjuangan pertama dalam kehidupan nyata, terkadang sudah membuka matapun enggan bangun dari tempat peristirahaatan sementara, saat buka mata baru jam 5 dunia masih gelap masih cocok tarik selimut dan tambah 15 menit lagi tidurnya, sleep nyenyak lg, buka mata lagi sudah jam 6, belum menyiapkan peralatan untuk aktivitas hari ini, belum mandi, cuci muka dan sikat gigi juga sudah cukup, belum sholat subuh, belum yang lain-lainnya, di awal membuka mata saja sudah ada beberapa kerugian dan kesalahan yang kita buat, ya karena kesalahan kita sendiri, bangun tidur mendekati aktivitas rutinitas kita, baik sekolah, kuliah, kerja, yang akhirnya membuat malas diri sendiri, ya bagaimana ga males, bangun tidur sedikit lagi aktivitas rutinitas akan di mulai, persiapan belum disiapkan, sama aja kalau begitu tanpa kita sadari bangun tidur badan kita langsung dipaksa bekerja alhasil ya belum siap.

Coba mulai bangun dari tempat tidur 1 jam atau 2 jam sebelum aktivitas, terkadang salah satu yang membuat kita malas, ketika membuka mata tau-tau sudah harus beraktivitas harus brangkat sekolah, kuliah, kerja, setidaknya bangun dari tidur ya santai sedikit lah, bisa jalan-jalan santai dipagi hari menghirup udara pagi yang belum tercampur dengan polusi, yang biasa kita lakukan jalan-jalan sore, sekali-kali coba jalan-jalan pagi sepertinya lebih sehat.

Sebenernya udah ada niat kepingin bangun pagi, malah sebelum azan subuh sudah bangun ohh mau azan subuh dimushollah hehehe, ternyata hanya niat saja bangunnya tetap saja kesiaangan, sholat subuh selalu kesiangan, bener niatnya sih bangun sebelum azan subuh, tetapi niatnya tidak diikuti dengan perbuatan, perbuatan apa tuh, pengen bangun subuh tapi tidurnya jam 10 lewat 2 jam, badan diistirahatkan cuma berapa jam doang, motor aja perlu istirahat yang cukup.

Mungkin beberapa cara ini sering saya lakukan agar bisa bangun lebih awal,

Niat, letakan paling awal apapun itu niat no 1, karena bisa kita set di malam hari untuk menimbulkan keyakinan kita bisa.

  1. Jadikan aktivitas esok hari suatu tanggung jawab, dari mulai sholat, dan aktivitas-aktivitas yang menjadi rutinitas kita.
  2. Saat mata mulai terbuka usahakan jangan membiarkan badan tetap berbaring ditempat tidur.
  3. Minum air putih sebelum beranjak dari tempat tidur, salah satu untuk menjaga kesehatan juga.
  4. Baru ke toilet.
  5. Usahakan jalan-jalan di pagi hari, ya paling tidak nyapu-nyapu halaman.

Biasanya kita kalau ada kegiatan aja baru bisa bangun pagi, salah satunya tour, biasanya sudah pasti bangun pagi takut ketinggalan bus, ntar ga jadi deh jalan-jalannya, nah dari kejadian tour itu ada niat, keyakinan, dan tanggung jawab mangkanya bisa bangun lebih awal.

Seharusnya untuk yang beragama muslim bisa dan harus bisa bangun di waktu subuh, karena sudah ada kewajiban yang harus dijalankan, sholat subuh.

Demikian tulisan singkat ini, semoga ada manfaat untuk penulis dan pembaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *