Mengatasi ETAX-60011: Gagal Menyimpan SSP

Pajak keluaran yang telah kita terbitkan maka hukumnya wajib kita bayarkan atas faktur yang telah kita keluarkan.
Setelah kita melalui proses pembayaran di Bank atau Kantor Pos pada saat ini lebih mudah dibayarkan melalui transfer via Internet atau mobile banking kita akan mendapatkan rincian hasil pembayarannya, dari rincian tersebut yang perlu diperhatikan tanggal pembayaran, nominal pembayaran dan NTPN.
Setelah mendapatkan informasi tersebut maka akan ada 1 proses yang perlu dilakukan yaitu laporkan hasil pembayaran tersebut melalui aplikasi E-Faktur, pada menu SSP kita akan input rincian dari hasil pembayaran yang telah kita lakukan, kita harus mendapatkan NTPN, NTPN itu Nomor Transaksi Penerimaan Negara, jadi NTPN itu bukti yang sah kalau kita telah membayar PPN ke negara.
Namun pada saat ini setelah saya melakukan input informasi tersebut ada masalah seperti berikut

Masalah tersebut biasanya ada beberapa penyebabnya

1. NTPN itu biasanya kombinasi angka dan huruf, panjangnya sebanyak 16 kombinasi huruf dan angka, jika salah input maka akan menimbulkan masalah tersebut, banyak yang keliru antara huruf O dan angka 0, tetapi kasus saat ini yang saya lakukan untuk salah input tidak mungkin, karena untuk input NTPN saya cukup copy paste saja.

2. Bisa juga karena penyebabnya internetnya terputus, namun setelah saya cek internet lancar.

3. Masalah yang terakhir yaitu saya harus menunggu, kenapa menunggu, karena setelah kita membayarkan prosesnya tidak langsung sinkron ke aplikasi pajak, jadi proses selanjutnya jangan melakukan hal yang lebih jauh bahkan sampai reset aplikasi, jadi tunggu saja jika membayarnya pagi ya sebelum pulang kantor bisa di coba lagi.

Proses ini perlu dilakukan karena kita nantinya membutuhkan dokumen yang berbentuk CSV yang harus di laporkan ke kantor pajak.

Demikian tulisan hari ini semoga informasi di atas yang bisa membantu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *