NSFP Sudah Di Masukan Di Referensi Tetapi NSFP Tidak Bisa Otomatis Keluar

NSFP atau nomor seri faktur pajak yang biasa digunakan dalam pembuatan FP, dimana jika ada nomor ganda FP tidak bisa dibuat.

Untuk menghindari FP ganda maka NSFP dimasukan dalam referensi yang berada di dalam aplikasi E-Faktur, setelah dimasukan setiap pembuatan FP, NSFP akan tampil secara otomatis dan dengan begitu nomor tidak aka nada yang ganda.

Namun beberap hari lalu server pajak milik perusahan kami tidak bisa digunakan, untuk semu yang ada di aplikasi efaktur hilang semua, setelah di import dokumen pajak masukan, keluaran, referensi lawan transaksi dan juga input NSFP seperti yang biasanya, kayak ini

Setelah saya input sesuai dengan yang biasa dilakukan dan seharusnya sudah bisa otomatis ternyata nomor pada FP tidak keluar secara otomatis dan harus di input secara manual yang mengakibatkan beresiko nomor bisa ngacak.

Untuk menghindari hal tersebut setelah memasukan NSFP sudah sesuai prosedurnya saya melakukan 2 hal berikut.

  1. Masukan semua NSFP dari awal mulai menggunakan efaktur, jika dimulai dari 2015 maka masukan nomor dari tahun 2015, dari tahun 2015 sudah lama saya sudah tidak ingat lagi, cara untuk mengetahui NSFP yang pernah kita minta bisa kita lihat pada link berikut https://efaktur.pajak.go.id/ ada pada riwayat permintaan NSFP dan pilih tahun yang ingin kita lihat

2. Setelah semua di input mengingat kita hanya menggunakan NSFP pada range yang terbaru atau pada range yang saat ini berlaku, maka untuk semua NSFP silakan dihapus tetapi perlu diingat untuk NSFP yang saat ini akan digunakan jgn di hapus cukup NSFP yang sudah tidak dipakai saja.

Silakan coba kembali untuk pembuatan FP yang baru, semoga nomor sudah bisa kembali moncul secara otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *