Yakin Tahun Besok Masih Pegang Al-Qur’an

Bulan Ramadhan itu bulan penuh hikmah penuh berkah penuh ampunan penuh dengan bonus-bonus pahala yang lain, sayang jika bonus-bonus itu tidak di ambil, belum tentu hidup ini sampai bulan ramadhan yang akan datang bahkan belum tentu hidup ini samapai menikmati usai ramadhan tahun ini, kegiatan yang sering dilakukan oleh umat Islam di masjid dan musholah adalah Tadarus.

Di lingkungan saya di musholah tempat saya tinggal pun sama, kegiatan yang dilakukan adalah tadarus Al-Qur’an, tadarusan yang dilakukan dengan berjama’ah dilakukan bada sholat tarawih sampai waktu menjelang sahur dilakukan dengan anak cowok dan anak cewek biasanya bada asar.

Biasanya para remaja sebelum pulang mereka berkeliling wilayah untuk membangunkan sahur, kegiatan ini pun tidak semuanya merasa senang, ada beberapa warga yang terganggu mungkin karena cara membangunkan sahurnya tidak sesuai, ya namanya anak remaja alat apa saja dijadikan untuk membangunkan sahur, yang penting bersuara, bahkan tralis pagar rumah orangpun tidak luput menjadi alat untuk membangunkan sahur dengan cara menggesekan besi dengan tralis dan petasan yang membuat kaget warga, hal ini pun menjadi pengalaman mereka karena dimarahi di waktu menjelang sahur.

Tadarus beramai-ramai sudah pasti akan hatam, karena 1 Al-qura’an di kerubutin bersama, namun saya selalu tidak hatam untuk mengaji seorang diri.

Jika ada 30 Juz mudah sekali untuk membaginya agar 1 bulan bisa hatam, yaitu dengan 1 hari 1 Juz, namun dalam kenyataanya kita di hari kerja atau sekolah atau hari dimana lebih banyak dihabiskan untuk urusan duniawi sepertinya sulit untuk bisa melakukannya.

Hari ke 2 ke 3 sudah dapat 3 Juz ternyata hari ke 4 dan ke 5 baru jalan 4 juz, lagi-lagi masalahnya karena urusan duniawi, waktunya habis untuk bekerja, sekolah dan urusan lain.

Tetapi saat ini saya sedang mencoba, jika senin sampai jum’at baca saja sebisa mungkin untuk beberapa Juz, namun ketika sudah tertinggal maka yang perlu dikejar adalah di hari libur Sabtu atau Minggu, karena hari tersebut jika bekerja sehari 8 jam maka kita punya waktu luang 8 jam untuk melakukan tadarus.

Tetapi dengan cara itu pun harus kuatkan niat, jika senin sampai jum’at hanya dapat 3 juz yang seharusnya 5 juz, di Sabtu Minggu itu harus 5 juz ditambah 2 juz (Sabtu dan Minggu)

Caranya bagaimana saja yang penting bisa hatam, kapan lagi mau hatam, yakin tahun esok akan hatam, yakin tahun esok masih memegang Al-Qur’an.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *