Pengajuan Kode Aktivasi dan Password

Pada dasarnya E-Faktur saat ini menjadi kebutuhan untuk para pengusaha, apakah memang untuk semua pengusaha? tidak, E-Faktur dibutuhkan untuk pengusaha yang telah memiliki NPWP dan pengusaha yang sudah terdaftar menjadi PKP, karena NPWP dan PKP menjadi salah satu syarat kita untuk mendapatkan applikasi E-Faktur.

Lantas bagaimana para pengusaha yang memang sudah memiliki NPWP dan sudah terdaftar PKP untuk mendapatkan E-Faktur, apakah datang ke KPP dan langsung mendapatkan applikasi E-Faktur tersebut, tidak semudah itu mendapatkannya, untuk mendapatkan applikasi tersebut anda harus mengajukan Kode Aktivasi dan Password terlebih dahulu, ada syarat-syarat yang perlu dilengkapi:

  1. Formulir Pengajuan
    Formulir ini bisa anda dapatkan dikantor pajak atau melalui ini sesuaikan isi dokumen tersebut dengan data anda dan di TTD dengan salah satu nama yang tetera di Akta
  2. Surat Kuasa
    Jika pengajuan ini tidak dihadiri oleh salah satu nama yang berada di Akta maka yang mewakili harus menyertakan surat kuasa
  3. NPWP
    Untuk syarat NPWP pasti setiap perorangan atau badan sudah memiliki, karena NPWP adalah dokumen awal yang wajib dimiliki oleh wajib pajak, silakan dibawa dan di foto copy
  4. PKP
    Saat pengajuan Kode Aktivasi dan Password, kebetulan PKP kami baru selesai di buat dan baru saya ambil, jika belum memiliki bisa cek disini, jadi setelah pengambilan surat tersebut saya langsung singgah di loket pengajuan Kode Aktivasi dan Password, dokumen ini penting karena diantara dokumen yang lain, dokumen PKPlah yang pertama kali dipertanyakan dan silakan sebelum mengajukan siapkan terlebih dahulu Foto Copynya.

Setelah dokumen tersebut diatas lengkap barulah permohonan kita diproses, kalian akan mendapatkan surat bukti telah Mengajukan Kode Aktivasi dan Password, simpan baik-baik selembaran surat tersebut, karena surat tersebut akan dibutuhkan pada proses selanjutnya, pengajuan Kode Aktivasi dan Password telah selesai sampai disini, anda akan menerima Kode Aktivasi di kantor pajak atau dikirim melalui POS, sedangkan password akan di kirim via email, sangat penting anda mencantumkan email yang aktif dan yang pasti tidak salah penulisan emailnya, setelah pengajuan ini silakan anda tunggu petugas dari kantor pajak untuk melakukan survei, untuk tindak lanjut mendapatkan applikasi E-Faktur selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *