Membuat Gully Hidroponik NFT Tahap 1

Kali ini saya akan mencoba menyiapkan atau membuat hidroponik yang cukup memakan waktu, dengan harapan hasilnya lebih memuaskan, pada tulisan sebelumnya, saya sudah sempat membuat hidroponik yang cukup memberikan hasil yang cukup baik.

Saat ini saya mencoba membuat Gully Hidroponik menggunakan sistem NFT (NUTRIENT FILM TECHNIQUE) NFT ini adalah sistem yang bisa dibilang airnya mengalir terus menerus bersamaan dengan nutrisi yang sudah tercampur dengan air.

Modal untuk menciptakan hidroponik menggunakan sistem ini cukup dibilang lumayan besar, jadi bagi teman-teman yang ingin mencoba menggunakan sistem ini harus benar-benar direncanakan dengan baik, baik dari sisi modal maupun dari sisi ilmunya, dengan perencanaan yang baik diharapkan mendapatkan hasil yang baik juga.

Untuk membuat sistem ini kita akan siapkan terlebih dahulu peralatan yang terdiri dari:

  1. Gully/Talang Air Kotak
  2. Mesin Potong (Gerinda/Gergaji Besi)
  3. Lem
  4. Mesin Bor
  5. Mata Bor

Setelah bahan tersebut sudah siap, teman teman sudah bisa memulai merakit bahan-bahan tersebut untuk membuat Gully Hidroponik menggunakan sistem NFT.

1.  Yang menjadi wadah saat ini adalah talang air, Talang air ini bisa di dapatkan di toko bangunan yang berada di sekitaran rumah, dengan harga per batang Rp60.000 s/d Rp80.000, untuk saat ini saya menggunakan talang air yang berbentuk kotak dengan panjang 4 meter berjumlah 6 batang, saat ini karena  masih ada ruang  yang cukup untuk menempatkan 6 batang dengan panjang 4 meter, maka talang tersebut tidak saya potong, jadi talang dengan panjang 4 meter bisa kita sesuaikan dengan luas tanah/ruang yang kita miliki.

2. Jika kita lihat pada sisi bagian kanan dan kiri terdapat 2 garis sepanjang 4 meter, silakan di potong pada garis yang pertama dari bawah sepanjang 4 meter, dapat  menggunakan peralatan yang sudah di siapkan Gerinda/Gergaji Besi

3. Setelah di potong sisi kanan dan kiri maka kedua sisi tersebut jangan lantas di buang, karena kita masih membutuhkan kedua sisi tersebut, sambungkan sisi kanan dan kiri menjadi satu

4. Setelah kedua sisi sudah disambung, pada bagian tengah silakan beri lubang sesuai dengan ukuran Net Pot, dengan jarak kurang lebih 15 cm, pada bagian sisi kanan yang telah di sambung dan di lubangi nantinya akan dijadikan tempat atau dudukkan tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *