Menjaga/Meningkatkan Imun

Virus corona masih ada di sekeliling kita, bahkan korban yang terjangkit virus Corona semakin banyak, gencarnya pemerintah dengan membuat berbagai cara penanganan untuk melakukan penanggulangan ancaman virus Corona.

Corona dapat menyerang siapa saja, kapan saja dan dimana saja, virus ini menyebabkan gangguan sistem pernafasan manusia, hingga saat ini vaksin belum dapat di temukan.

Sebelum vaksin ditemukan berbagai macam cara di buat oleh team kesehatan atau pemerintah di Indonesia sebagai cara untuk pencegahan terjangkit atau penularan virus Corona, untuk pencegahan diantaranya

1. Mencuci Tangan
Sering mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, hal ini sudah banyak diterapkan di tempat-tempat keramaian, bahkan banyak video yang memberikan cara untuk mencuci tangan dengan benar, mungkin kalau di tempat keramaian bisa juga di usahakan membawa hand sanitizer karena lumayan lama juga untuk mencuci tangannya 🙂

2. Memakai Masker
Diawal informasi Corona hadir di Indonesia, masker sulit didapatkan, jikapun dapat masker kita harus membeli dengan harga yang sangat tinggi, namun saat ini berbagai jenis masker sudah bertebaran di Indonesia, masker kesehatan yang saat ini mungkin harganya sudah mulai terjangkau dibandingkan awal-awal Corona, jenis masker kainpun saat ini sudah banyak di jual di pinggir jalan namun saat ini harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) diantaranya harus memiliki 2 lapis yang artinya jika pedagang sudah memiliki stok masker dengan 1 lapis siap-siap tidak habis terjual.

3. Jaga Jarak
Karena kita tidak tahu dimana itu virus berada, maka dengan kita menjaga jarak atau menghindari kerumunan berharap kita bisa mengurangi potensi terkena virus, saat ini di sebagian wilayah menerapkan PSBB, di perusahaanpun melakukan bekerja dengan cara WFH ada yang Full WFH atau ada juga yang sebagian saja dari total karyawan.

Namun kenyataan saat ini banyak yang lupa menerapkan hal tersebut, masih banyak yang lupa mencuci tangan, memakai masker atau lupa jaga jarak.

Selain 3 point diatas yang perlu dilakukan adalah mempertahankan imun bagi yang imunnya baik atau bagi yang imunnya kurang baik dapat meningkatkan imunnya. Di media sosial dalam bentuk video atau tulisan sudah cukup banyak cara-cara meningkatkan imun atau menjaga imun, bisa dengan cara konsumsi makanan/minuman yang mengandung vitamin C, beristirahat yang cukup, hindari stres, berjemur di sinar matahari pagi, berolahraga dan mungkin masih banyak lagi.

Jika banyak cara untuk meningkatkan imun dan kita hanya menonton video dan membacanya saja tidak akan menambah atau memperbaiki imun kita. Salah satu rekan kerja saya aktivitas olahraganya cukup hebat, biasa dipanggil Mas Andes, olahraga yang sering dilakukannya Basket dan Joging sore hari, kedua olahraga itu sering dilakukannya, olahraganya bertambah lagi bulu tangkis.

Untuk olahraga bulu tangkis kebetulan dengan saya, 2 minggu yang lalu saya dan Mas Andes menyewa lapangan di hari Kamis sebanyak 1 Jam di daerah Kp Mede, kami mengambil jadwal setelah jam pulang kantor, kebetulan pada hari tersebut saya sedang WFH jadi saya langsung berangkat dari rumah, dalam perjalananpun saya harus tambal ban terlebih dahulu mengingat ban motor bocor, setelah melanjutkan perjalanan kembali dengan menempuh pejalanan +- 20 Menit saya sampai di lapangan. Dengan kondisi badan yang jarang olahraga bermain bulutangkis 1 jam sudah terasa sangat lama dan cukup mengeluarkan keringat yang cukup banyak juga.

Selain bulutangkis saya juga mulai bersepeda kembali, minggu lalu sudah mulai dengan rute ST Tambun-Cibuntu-Grand Wisata-Gading dan sampai kembali di Kp Bulu, perdana bersepeda cukup membuat badan terasa lebih enteng tetapi terasa pada sakit juga 🙂 minggu lalu saya hanya ber 2 saja dengan orang tua di komunitas sepeda, biasanya lebih banyak, karena hari tersebut berbarengan dengan banyaknya acara

Dua kegiatan tersebut setidaknya ada usaha kembali untuk menjaga daya tahan tubuh, mungkin saja dengan cara tersebut masih ada sedikit penyakit yang hinggap, tetapi mungkin saja jika tidak olahraga akan lebih banyak penyakit lagi.


Jangan lupa untuk berjemur di bawah panas matahari pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *