Memotong Kaca

Belakangan ini sedang musim ikan cupang, banyak yang sedang melakukan budidaya, banyak toko atau penjual ikan cupang yang tiba-tiba menjual ikan cupang di pinggir jalan.

Peminatnya cukup banyak, termasuk keponakan saya pun beberapa kali membelinya, bahkan berhasil mengawinkan sehingga bertelur dan menetas.

Selain ikan cupang, banyak juga yang membuat tempatnya atau aquarium kecil-kecil untuk tempat budidaya ikan cupang, di jual dengan harga mulai dari 15.000.

Saya memiliki kaca yang di letakan di pinggir tembok luar rumah, jika orang lewat akan terlihat kaca tersebut, kaca tersebut bekas tempat buah-buahan untuk jus dan bekas gerobak jualan yang sekarang sudah di ganti dengan yang lebih bagus. Kaca itu beberapa kali ada yang ingin membelinya mungkin saja untuk membuat aquarium, namun saya tidak menjualnya.

Kaca tersebut sebelumnya memang ingin saya buat aquarium juga, namun niatnya masih belum kuat, setelah beberapa kali kaca tersebut ingin di beli oleh orang akhirnya saya langsung bergerak untuk membuat nya, walaupun belum yakin bisa atau tidak, untuk langkah awalnya saya harus memotong kaca.

Berikut langkah-langkah untuk memotongnya:

1. Persiapkan alat
Alat yang di butuhkan untuk memotong kaca adalah:
* Kaca
* Pemotong kaca
* Penggaris
* Minyak Tanah
* Spidol
Alat-alat tersebut di persiapkan untuk kebutuhan awal sebelum memulainya

2. Memotong kaca
* Siapkan kaca yang ingin di potong
* Tandai kaca menggunakan Spidol sesuai ukuran yang di inginkan

* gunakan alat pemotong untuk membuat garis potong, pada saat ini kita harus menekan alat potong agar garis yang di hasilkan bisa terlihat, sebelum menggunakan alat ini, isi terlebih dahulu alat potong menggunakan minyak tanah agar saat menekan atau membuat garis potong lancar dan memudahkan saat memotong

* Setelah sudah terlihat garis potong, ganjal di sisi ujung kaca tepat pada garis potong, ganjal menggunakan alat pemotong atau menggunakan bekas tusuk sate

* Setelah di ganjal alaskan bagian atas menggunakan kain lap, untuk menghindari tangan terkena serpihan kaca
* Setelah kain lap diletakan, tekan bagian kanan dan kiri kaca tersebut

* Kita akan mendapati kaca terbelah sesuai garis potong

Percobaan ini mungkin saja kita akan langsung berhasil namun mungkin saja ada beberapa kaca juga yang tidak sesuai atau gagal, saya gagal beberapa kali karena menekan alat potongnya kurang tekan, sehingga garis potongnya tidak terlalu terlihat atau putus-putus dan ingat juga untuk memberi garis potong cukup 1 kali saja dan jangan berulang-ulang, tempat untuk momotong bisa menggunakan meja kayu yang posisinya rata.

Untuk tulisan selanjutnya proses pembuatan aquarium dari hasil potongan kaca yang telah di potong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *