Barang Sama namun Tempat yang Berbeda

Dalam usaha dagang lauk matang atau lauk belum matang, aktivitas belanja di pasar menjadi rutinitas.

Belanja setiap hari dalam satu tempat yang sama (langganan) belum tentu menjamin harga yang murah, bisa saja harganya lebih mahal, bisa saja barang dengan kualitas yang kurang bagus.

Beberapa minggu ini ada beberapa tempat langganan belanja saya mulai ditinggalkan, ditinggalkan karena ada harga yang lebih murah dengan kualitas yang sama, ditinggalkan karena pelayanannya ada yang lebih baik.

Di waktu subuh penjual di pasar ada yang tidak memiliki tempat atau ruko atau lapak mereka menjajakan dagangannya di sebagian tempat parkir atau jalan-jalan dekat pasar.

Jika lihat pasar saat subuh, di tempat yang menjual dagangan berkaitan dengan makanan begitu penuh dan padat, jika di bandingkan dengan siang atau sore bahkan pagi mungkin jauh perbandingannya.

Penjual di area parkiran itu menjual lebih murah, mungkin karena mereka tidak sewa tempat, hanya saja membayar kebersihan dan mungkin keamanan lingkungan, harga yang di tawarkan begitu sangat berbeda, jika beli di area ruko untuk harga cabai bisa berbeda +- 5.000,- untuk 1 kg, untuk mereka yang belanja untuk keperluan berdagang lagi tidak mungkin beli hanya 1 kg saja, mungkin bisa saja 2 atau 3 bahkan lebih banyak lagi tetapi dengan harga yang cukup berbeda namun barang memiliki kualitas yang sama.

Jika barang dagangan mereka sampai jam 7 pagi belum habis terjual, sebagian jualan mereka ada yang akan di borong dengan pedagang yang berjual di ruko.

Mereka yang berjualan di area parkir atau jalan-jalan dekat pasar akan segera merapihkan tempat, karena tempat tersebut akan di gunakan kembali sebagaiman mestinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *