Panen Lele

Kurang lebih 3 bulan lalu di awal tahun 2019 saya mulai budidaya ikan leleĀ disini, diiringi dengan pemberian makan yang rutin lambat laun ikan akan semakin besar, bisa jadi tempat atau kolam semakin sempit karena bertambah besar ikan-ikan tersebut, yang bisa mengakibatkan juga bertambah tingkat kematian pada ikan dan perlu difikirkan juga untuk pemberian makan akan bertambah.

Jika dulu saya niatkan ikan yang sudah bisa di konsumsi bisa jadi lauk untuk sehari-hari, tetapi rasanya tidak mungkin jika dilihat ikan-ikan sudah mulai tumbuh besar.

Bisa dibilang budidaya ikan lele ini saya lakukan 3 bulan sudah cukup untuk di konsumsi, sudah bisa dipasarkan, budidaya pertama ini saya tidak menggunakan bantuan vitamin hanya menggunakan umpan pelet yang di beli dengan harga perkilo 12.000,- di tukang burung.

Ikan ini sudah besar dan saya sendiri bingung mau diapakan ikan-ikan ini, saya ingin pasarkan tetapi pemasaran dengan biaya yang bisa menutupi pengeluaran saat ini belum punya jalan, sebelumnya saya berusaha cek pengepul lele di bekasi, saya mendapatkan pengepul lele, namun harga tidak sesuai, dia minta +-14.000,- per kilo, jika dihitung-hitung sepertinya belum bisa menutup pengeluaran.

Di kamis lalu 11 April 2019 sebelum pesta demokrasi berlangsung ada tim sukses dari salah satu partai untuk DPR RI ingin melakukan kegiatan yang cukup menguntungkan warga yaitu mancing gratis, tim sukses tersebut menebar 2 Quintal ikan lele, ini selain menguntungkan warga menguntungkan saya juga yang memiliki beberapa Kilo ikan lele.

Namun sayang acaranya dilakukan di hari jum’at dan ikan yang ada di kolam milik saya harus diangkat di hari tersebut, saya tidak bisa menyaksikan ikan demi ikan di angkat untuk di timbang.

Saya ingin melihat angka hasil dari budidaya pertama ini di atas timbangan, namun tidak bisa mengingat hari kerja dan orang yang di rumahpun lupa untuk mendokumentasikan, tetapi saya mendapatkan angka dari hasil timbangannya setelah ditimbang ada 19 kg, timses ini berani membayarkan dengan harga 18.000,- per Kg, angka tersebut biasanya pasaran untuk borongan di tempat pemancingan.

Jika ingin budidaya kembali yang perlu dipersiapkan jika ikan sudah waktunya panen dan sudah cukup untuk konsumsi mau dikemanakan, kita harus siap tempat penampung ikan agar ikan tidak terlalu besar di kolam dan beri vitamin agar waktu panen semakin cepat, sehingga mengurangi pengeluaran untuk pakan ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *