Lambat Laun Akan Tumbuh Besar

Waktu akan terus bergerak dan lambat laun akan merubah keadaan, merubah bentuk. Besok 26 April 2019 tepat seorang jagoan kecil 2 tahun lalu terlahir di muka bumi ini, 2 tahun lalu menggoreskan pengalaman di hidup ini untuk sebuah pengalaman yang berarti disini

Perjuangan itu telah usai untuk menyelamatkan sebuah nyawa, sebuah nyawa yang saat ini mulai tumbuh besar, sebuah nyawa yang saat ini sudah mulai banyak tingkahnya, apakah sudah usai sebuah perjuangan itu? Ya, perjuangan itu telah usai dikala menyelamatkan nyawa buah hati untuk hadir di dunia ini, tapi perjuangan untuk mendidik buah hati menjadi anak yang soleh baru dimulai, berjuang mendidik anak yang nantinya bisa menyelamatkan orang tuanya didunia dan diakhirat.

Anak itu peniru yang pandai, apa yang dilakukan orang di sekelilingnya akan di tiru, mungkin dari hal itu pun bisa menjadikan pendidikan seorang anak, pergaulan dari mulai kecilpun harus di perhatikan, lantas tidak benar juga membiarkan anak tidak bergaul atau tidak bermain dengan temannya.

Tingkah laku anak itu mulai banyak dari mulai menghadirkan senyum, menambah emosi hingga menghela nafas.

Jika rumah berantakan karena mainan dimana-mana, bahkan anak PUP saat orang tuanya sedang makan pun menjadikan hal yang biasa, nikmati saja karena hal itu akan hilang dengan berputarnya waktu.

Terkadang diri kita atau terkadang kita meliat orang lain yang memiliki sifat yang membangkang terhadap orang tuanya, entah itu di sengaja ataupun memang tidak disengaja rasanya mereka lupa akan siapa orang yang harus di muliakan.

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’ (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)

Umur meranjak 2 tahun ini akan ada sebuah perjuangan untuk Ibu dan Anak yaitu perjuangan melepas ASI, karena dalam islam masa ASI itu sampai 2 tahun dan tidak mudah untuk memulai menyapih anak, jadi hal tersebut menjadi salah satu daftar perjuangan untuk orang tua

Dan kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu (QS Luqman ayat 14)

Demikian tulisan kali ini, semoga kelak anak kita semua menjadi anak soleh atau soleha dan bermanfaat untuk kedua Orang Tua, Agama, Nusa dan Bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *